|
UPT. PERPUSTAKAAN
Universitas Esa Unggul
Kampus Emas UEU - Jakarta Barat
|
Phone |
: |
021-5674223, ext 282 |
Fax |
: |
|
E-mail |
: |
[email protected] |
Website |
: |
http://library.esaunggul.ac.id
|
Support (Customer Service) :
|
[email protected] |
|
|
Welcome..guys!
|
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
|
LIVE SUPPORT
Astrid Chrisafi
|
! ATTENTION !
To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely
Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently
Still Confuse?
Please read our User Guide
|
|
UEU » Undergraduate Theses » PGSD Posted by [email protected] at 09/03/2018 10:43:56 • 1450 Views
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SDN KELAPA DUA 06 PAGI JAKARTACreated by :
AIDAH ( 201391016 )
Subject: | HASIL PELAJARAN SISWA | Alt. Subject : | RESULTS LESSONS STUDENTS | Keyword: | cooperative learning tipe jigsaw hasil belajar |
Description:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Siswa yang merasakan kejenuhan
dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Sebagian siswa masih sulit dalam
memahami konsep-konsep yang terkandung dalam materi yang disampaikan oleh
guru. Guru masih menggunakan gaya pengajaran yang bersifat konvensional
semuanya hanya berpusat pada guru saja, yaitu dengan menggunakan metode
penyampaian materi dengan lisan saja (ceramah) dan hanya berpegang terhadap
buku paket serta dengan pemberian tugas � tugas yang ada di buku siswa saja.
Sistem pembelajaran yang tidak fleksibel serta mononton membuat siswa menjadi
kurang aktif. Dalam hasil belajar pada pembelajaran IPS hasil belajar yang
diperoleh siswa dengan hasil belajar rendah dibawah nilai KKM yang ditentukan
dari pihak sekolah yakni 78.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini
dilakukan dengan empat siklus, masing-masing siklus terdiri atas satu kali
pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III Sekolah Dasar
Negri Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta yang berjumlah 23 siswa, terdiri atas 11 jumlah
siswi perempuan dan 12 jumlah siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data berupa
observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan tes (pilihan ganda) yang dilakukan
pada akhir pertemuan atau pembelajaran setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Cooperative
Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan hasil
belajar ranah kognitif dan ranah afektif siswa kelas III SDN Kelapa Dua 06 Pagi
Jakarta. Adapun peningkatan hasil belajar kognitif siswa terlihat pada siklus I
mencapai (43%), meningkat pada sikus II (65%), meningkat pada siklus III
(78%), dan meningkat kembali pada siklus IV mencapai (91%). Sedangkan pada
hasil belajar afektif yang dilakukan melalui pengamatan selama pembelajaran
memperoleh hasil pada siklus I (57%), pada siklus II (73%), meningkat pada
siklus III (86%) dan pada siklus IV mencapai (90%). Berdasarkan pembahasan
dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SD
Negri Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta.
Date Create | : | 09/03/2018 | Type | : | Text | Format | : | PDF | Language | : | Indonesian | Identifier | : | UEU-Undergraduate-201391016 | Collection ID | : | 201391016 |
Source : Undergraduate Theses of PGSD
Relation Collection: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Coverage : Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
Rights : @perpustakaan Universitas Esa Unggul 2018
Publication URL : https://digilib.esaunggul.ac.id/penerapan-model-cooperative-learning-tipe-jigsaw-untuk-meningkatkan-hasil-belajar-siswa-kelas-iii-pada-mata-pelajaran-ips-di-sdn-kelapa-dua-06-pagi-jakarta-10042.html
[ Free Download - Free for All ]
- UEU-Undergraduate-10042-COVER.Image.Marked.pdf - 271 KB
- UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PENGESAHAN.Image.Marked.pdf - 324 KB
- UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PERNYATAAN.Image.Marked.pdf - 336 KB
- UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PERSEMBAHAN.Image.Marked.pdf - 380 KB
- UEU-Undergraduate-10042-LEMBAR PERSETUJUAN.Image.Marked.pdf - 312 KB
- UEU-Undergraduate-10042-ABSTRAK.Image.Marked.pdf - 382 KB
- UEU-Undergraduate-10042-KATA PENGANTAR.Image.Marked.pdf - 268 KB
- UEU-Undergraduate-10042-DAFTAR ISI.Image.Marked.pdf - 288 KB
- UEU-Undergraduate-10042-LAMPIRAN.Image.Marked.pdf - 4762 KB
- UEU-Undergraduate-10042-DAFTAR PUSTAKA.Image.Marked.pdf - 286 KB
- UEU-Undergraduate-10042-DAFTAR RIWAYAT HIDUP.Image.Marked.pdf - 298 KB
- UEU-Undergraduate-10042-BABI.Image.Marked.pdf - 432 KB
[ FullText Content - Please, register first ]
1. UEU-Undergraduate-10042-BABII.Image.Marked.pdf - 652 KB 2. UEU-Undergraduate-10042-BABIII.Image.Marked.pdf - 839 KB 3. UEU-Undergraduate-10042-BABIV.Image.Marked.pdf - 1819 KB 4. UEU-Undergraduate-10042-BABV.Image.Marked.pdf - 437 KB
10 Similar Document...
No similar subject found !
10 Related Document...
|
POLLINGBagaimana pendapat Anda tentang repository kami ?
Visitors Today : 1
Total Visitor : 1970112
Hits Today : 35779
Total Hits : 157379394
Visitors Online: 1
Calculated since 16 May 2012
You are connected from 172.17.121.29 using Mozilla/5.0 AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko; compatible; ClaudeBot/1.0; [email protected])
|